Pangkoarmada I Hadiri Upacara Serah Terima Jabatan Pangkoarmada RI, Pangkoarmada II dan Komandan STTAL

Oleh: Tommy

Opsinews.id – Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah menghadiri Upacara Serah Terima Jabatan Pangkoarmada RI, Pangkoarmada II dan Komandan STTAL, Sertijab digelar dengan Seremoni Upacara di pimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono Dermaga Sunda Komplek Satuan Kapal Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara, Senin (13/6/2022).
Acara Sertijab diawali dengan Pengambilan Sumpah Jabatan, Penyerahan Pataka, Penanggalan, Penyematan Tanda Jabatan Dan Penyerahan Tongkat Komando Serta Penandatanganan Pakta Integritas.
Jabatan Pangkoarmada RI diserah terimakan, kini diemban oleh Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., Menggantikan Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. Yang Selanjutnya Menjabat Pati Mabesal.
Jabatan Pangkoarmada II kini dijabat Laksamana Muda TNI Dr . T.S.N.B Hutabarat, M.M.S., sebelumnya menjabat Koorsahli Kasal. Menggantikan Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.T.R(Han)., Chrmp.,Ciqnr., Ciqar yang selanjutnya menjabat Asrena Kasal Menggantikan Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., Jabatan Komandan STTAL dari Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Soc.Sc., Kepada Kolonel Laut (E) Dr. Mukhlis, S.T., Chrmp., Caca., Crmp., Kemudian Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Soc.Sc.menjabat Askomlek Kasal.
Para Perwira Tinggi TNI AL ini telah dimutasi dan dipromosikan bersama-sama dengan Pati TNI AD dan TNI AU. Mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/458/V/2022 Tanggal 30 Mei 2022 Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.
Menurut Kasal, Serah terima jabatan memiliki makna yang penting dan strategis bagi TNI Angkatan Laut. mencermati dinamika yang terjadi saat ini, kita dapat menyimpulkan bahwa tugas TNI Angkatan Laut ke depan tidak akan semakin ringan dan mudah ancaman dan gangguan keamanan aspek maritim akan selalu berubah dan berkembang seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi situasi hari ini juga menyadarkan kita semua, apabila benturan kepentingan antar negara tidak dapat dikompromikan, maka perang adalah pilihannya menghadapi hal tersebut, jawaban yang paling tepat adalah membangun kemampuan dan kesiap-siagaan kita selaku komponen utama pertahanan negara.
Komando Armada adalah kekuatan inti Angkatan Laut Armada Terpadu adalah sistem senjata kita oleh sebab itu, Komando Armada mengemban tugas, peran dan fungsi yang sangat penting demikian halnya dengan STTAL di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemenangan perang akan sangat dipengaruhi oleh penguasaan teknologi  disinilah peran STTAL.
Pada kesempatan ini selaku pemimpin TNI Angkatan Laut menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han), dan Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr. Opsla.  Dan mengucapkan selamat atas tugas yang baru kepada Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M. Sebagai Pangkoarmada RI, Laksamana Muda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., Sebagai Pangkoarmada II, Dan Kolonel Laut (E) Dr. Mukhlis, S.T., M.M. Sebagai Komandan STTAL Jabatan baru yang diemban adalah bentuk apresiasi atas Prestasi, Dedikasi dan Loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini. (Dispen Koarmada I)
Exit mobile version